Wednesday, June 6, 2012

Nao, Robot Cilik yang Punya Emosi


Teks : Fajar Aryanto

Siapa bilang robot tidak bisa marah, sedih, takut atau pun gembira?! Yuk, kita kenalan saja dengan robot cilik bernama Nao ini. Ia bisa menunjukkan berbagai ekspresi seperti anak kecil.
Saat sedih, Nao akan mengangkat kedua bahunya perlahan. Saat ia ingin memeluk, Nao akan mengangkat kedua tangannya seakan-akan mengajak kita untuk berpelukan. Ekspresi 'perasaaan' Nao memang hampir mirip dengan anak berusia 1 tahun. Bila diperlakukan dengan baik, Nao akan memberikan imbalan berupa kasih sayang dan ekspresi kebahagiaan.
Mesin Nao dirancang untuk mampu mendeteksi emosi manusia di dekatnya. Ia kemudian mempelajari bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan bisa membaca suasana hati kita dari waktu ke waktu.
Robot Nao diciptakan oleh Lola Canamero, seorang ilmuwan komputer dari University of Hertfordshire, Inggris. Ia memasukkan aturan dasar 'baik' dan 'buruk', serta 'sedih' dan 'bahagia' ke dalam sistem robot. Canamero percaya robot Nao akan sangat berguna bagi manusia di masa mendatang. Mau berteman dengan Nao?

No comments: