Wednesday, June 6, 2012

Fisimi, Boneka 'Barbie' Asli China


Teks : Fajar Aryanto

Teman, ternyata negara China tak mau kalah dengan Amerika Serikat, lho. Bahkan, soal boneka sekalipun. Boneka Barbie yang sudah terkenal di penjuru dunia memang berasal dari Amerika Serikat. Nah, China juga meluncurkan boneka yang menggambarkan kebudayaannya sendiri.
Nama boneka itu adalah Fisimi. Kata “Fisimi” berasal dari bahasa Mandarin yang terdiri dari dua kata, yakni “Fi” dan “Minzu”. Fi artinya fifty six (lima puluh enam) yang menandakan jumlah 56 kelompok suku yang ada di China. Sedangkan, Minzu artinya adalah Suku.
Kata “Fisimi” dalam bahasa Mandarin berarti berkah atau berbagi keberuntungan. Seperti diberitakan China Daily, Boneka Fisimi ini dibuat agar anak-anak China mengenal sekaligus menyukai kebudayaan tradisional dari dalam negeri.
Lihat saja penampilan Fisimi! Boneka ini berbentuk gadis cilik berambut panjang dengan pakaian tradisional China. Selain itu, Fisimi juga memakai kalung-kalung yang merupakan aksesoris asli China.
Dengan tinggi boneka sekitar 40 cm, Fisimi memang hampir mirip dengan boneka Barbie. Tapi dengan mengenakan pakaian tradisional asli China. Sekilas, wajah Fisimi juga mirip dengan Mulan, tokoh kartun gadis cilik asal China yang pernah muncul beberapa waktu lalu. Nah, kalau boneka 'Barbie' asli Indonesia mana ya??

No comments: