Wednesday, August 8, 2012

Wow, Ada Kentang Terbang di Angkasa!

Teks : Fajar Aryanto

Kok kentang bisa terbang?! Hihihi... Ini bukan kentang jadi-jadian, lho! Sekitar 60 anak dari Landscove Village Primary School di kota Ashburton, Devon, Inggris, terlibat dalam proyek kentang terbang ini.
Coba lihat penampakan kentang ini. Si kentang didandani dengan kostum Sinterklas dan dimasukkan ke dalam sebuah botol minuman bekas.
Nah, botol ini diberi nama 'Spudnik2'. Nama ini hampir sama dengan nama pesawat mata-mata milik Uni Soviet pada tahun 1957. Spudnik 2 diterbangkan dengan menggunakan sebuah balon udara. 'Pesawat roket kentang' ini juga dilengkapi dengan alat pelacak lokasi (GPS-Global Positioning System) dan sebuah kamera kecil untuk merekam pemandangan bumi dari atas.
Spudnik 2 ternyata mampu mencapai ketinggian 27 kilometer dari permukaan tanah. Balon udara langsung pecah saat berada di angkasa. Spudnik 2 pun melayang-layang dengan bantuan sebuah parasut. Mau tahu jatuhnya di mana? Si kentang jatuh di kota Hampshire, yang berjarak 225 km dari kota Ashburton. Wah, ada 'Kentang Sinterklas' mendarat!!

No comments: