Friday, May 25, 2012

Hebatnya, Mobil-mobil Buatan Dalam Negeri!


Teks : Fajar Aryanto

Siapa bilang Indonesia tidak bisa memproduksi mobil sendiri?! Nih, ada buktinya, lho! Mobil-mobil ini merupakan karya anak bangsa. Yuk, kita simak...
  1. Mobil Kancil
Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, pasti sering melihat kendaraan mungil ini berlalu lalang di jalanan ibukota. Ya, mobil ini bernama Kancil, yang artinya Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah. Kancil memang diproduksi untuk menggantikan angkutan umum bajaj (buatan India) yang sudah lama beredar di Jakarta.
  1. Mobil Esemka
Kenapa namanya Esemka? Karena mobil ini dibuat oleh para siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Wah hebat ya kakak-kakak yang bersekolah di SMK! Mereka mampu merakit sekaligus merancang mesin dan body mobil seharga Rp 80 juta ini. 
 
  1. Mobil Komodo
Nah, kalau mobil ini memang sesuai dengan hewan bernama komodo. Mobil Komodo bisa diajak melewati jalanan aspal, lumpur, dan jalanan lain yang sulit dilewati oleh mobil biasa. Tak heran, mobil yang cuma mampu mengangkut 2 orang penumpang ini diberi nama komodo, hewan kebanggaan Indonesia.
  1. Mobil Tawon
Sekilas, mobil Tawon mirip dengan mobil Kancil. Tapi, kemampuan mesin dan muatan penumpangnya lebih baik daripada mobil Kancil. Mobil Tawon bisa diajak ngebut hingga kecepatan 85 km/jam dan bisa memuat 4 orang penumpang. 
 
  1. Mobil Arina
Arina merupakan singkatan dari Armada Indonesia, sebuah perusahaan dari Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah. Keunggulan mobil ini sangat irit bahan bakar, lho. 1 liter bensin bisa dipakai untuk menempuh perjalanan sepanjang 40 km.
  1. Mobil GEA
GEA adalah singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif. Kenapa disebut begitu? Karena mobil ini berbahan bakar gas yang dijamin ramah lingkungan. 


 
  1. Mobil Wakaba
Wakaba juga punya kepanjangan, Wahana Karya Bangsa. Mobil imut ini dibuat oleh para peneliti dari Universitas Pasundan, Bandung. Wakaba memang dibuat untuk menempuh low speed atau kecepatan rendah.


  1. Mobil Marlip
Marlip tak kalah hebatnya dengan mobil buatan dalam negeri lainnya. Marlip (Marmut Listrik LIPI) ini dibuat oleh para peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI. Kendaraan ini berbahan bakar listrik, sehingga ramah lingkungan karena tidak ada asap yang keluar dari knalpotnya.

No comments: